Could 'Goldilocks' planet be just right for life?

 Subhanalloh ternyata masih ada plent lain selain bumi yang bisa di tempati kehidupan semua ini karena atas kekuasaan alloh tapi kita gak perlu heran juga soalnya yang Alloh mau pasti akan terjadi dan ini salah satu bukti bahwa Alloh itu kuasa dan Semu itu sudah di terangkan dan di firman di dalam Al-qur'an,

Para astronom mengatakan mereka telah untuk pertama kalinya melihat sebuah planet di luar kita sendiri dalam apa yang kadang-kadang disebut zona Goldilocks bagi kehidupan: Tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin. Juuuust benar.

Tidak terlalu jauh dari bintang, tidak terlalu dekat. Jadi bisa mengandung air cair. Planet itu sendiri tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk gravitasi, permukaan yang tepat dan suasana.

Hanya saja benar. Sama seperti Bumi.

"Ini benar-benar adalah planet Goldilocks pertama," kata co-penemu R. Paul Butler dari Carnegie Institution of Washington.

Planet baru duduk tepat di tengah-tengah apa yang astronom sebut sebagai zona layak huni, tidak seperti dari hampir 500 astronom telah menemukan planet lain di luar tata surya kita. Dan itu adalah di lingkungan galaksi kita, menunjukkan bahwa banyak dari lingkaran planet bintang-bintang lainnya seperti Bumi.

Menemukan sebuah planet yang berpotensi dapat mendukung kehidupan merupakan langkah besar menuju menjawab pertanyaan abadi: Apakah kita sendirian?

Para ilmuwan telah melompat pistol sebelum pada menyatakan bahwa planet di luar tata surya kita yang dihuni hanya untuk memiliki mereka berubah menjadi tidak begitu kondusif untuk hidup. Tapi satu hal ini begitu jelas di zona yang tepat bahwa lima astronom di luar kepada The Associated Press tampaknya menjadi hal yang nyata.

"Ini adalah yang pertama aku benar-benar senang," kata Penn State University Kasting Jim. Dia mengatakan planet ini adalah "kandidat cukup utama" untuk menyimpan kehidupan.

Kehidupan di planet lain tidak berarti E.T. Bahkan tunggal yang sederhana-sel bakteri atau setara dengan cetakan mandi akan mengguncang persepsi tentang keunikan kehidupan di Bumi.

Tapi ada masih banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang planet aneh. Ini adalah tentang tiga kali massa Bumi, sedikit lebih besar lebar dan lebih dekat dengan bintangnya - 14 juta mil jauhnya dibandingkan 93 juta. Ini sangat dekat dengan versi dari matahari yang mengorbit setiap 37 hari. Dan tidak berputar banyak, jadi satu sisi hampir selalu cerah, gelap lainnya.

Suhu bisa sepanas 160 derajat atau dingin 25 derajat di bawah nol, tapi di antara - di tanah matahari terbit konstan - itu akan "cuaca kemeja lengan," kata co-penemu Steven Vogt dari University of California di Santa Cruz.

Ini diketahui apakah air benar-benar ada di planet ini, dan apa jenis atmosfer yang dimilikinya. Tapi karena kondisi ideal untuk air cair, dan karena selalu ada tampaknya kehidupan di bumi di mana ada air, Vogt percaya "bahwa peluang bagi kehidupan di planet ini adalah 100 persen."

Temuan astronom 'sedang diterbitkan dalam Astrophysical Journal dan diumumkan oleh National Science Foundation pada hari Rabu.

Planet lingkaran sebuah bintang yang disebut Gliese 581. Ini tentang 120 triliun mil jauhnya, sehingga akan mengambil beberapa generasi sebuah pesawat ruang angkasa untuk sampai ke sana. Hal ini mungkin tampak seperti jarak jauh, tetapi dalam skema alam semesta yang luas, planet ini adalah "benar seperti di wajah kita, pintu kanan sebelah kami," kata Vogt dalam sebuah wawancara.

Yang dekat dan cara ditemukan begitu cepat dalam pencarian astronom 'untuk petunjuk planet para ilmuwan bahwa planet-planet seperti Bumi mungkin tidak begitu langka.

Vogt dan Butler berlari beberapa perhitungan, dengan faktor fudge raksasa dibangun pada, dan menduga bahwa sebanyak satu dari lima sampai 10 bintang di alam semesta ini memiliki planet yang berukuran Bumi dan di zona dihuni.

Dengan perkiraan 200 milyar bintang di alam semesta, yang berarti mungkin 40 miliar planet yang memiliki potensi untuk hidup, Vogt kata. Namun, Ohio State University Scott Gaudi memperingatkan bahwa terlalu spekulatif tentang bagaimana umum planet ini.

Vogt dan Butler menggunakan teleskop berbasis darat yang tepat untuk melacak gerakan bintang lebih dari 11 tahun dan menonton bergetar yang menunjukkan planet yang mengitari itu. Planet baru ditemukan sebenarnya adalah keenam ditemukan mengelilingi Gliese 581. Dua tampak menjanjikan untuk kelayakhunian untuk sementara, yang lain ternyata terlalu panas dan kelima mungkin terlalu dingin. Ini seperenam tanda kurung tepat di sweet spot di antara, Vogt kata.

Dengan bintang yang ditunjuk "a," planet keenam disebut Gliese 581g.

"Ini bukan nama yang sangat menarik dan itu adalah planet yang indah," kata Vogt. Tidak resmi, ia menamainya setelah istrinya: "Aku menyebutnya Zarmina Dunia."

Bintang Gliese 581 adalah kurcaci, sekitar sepertiga kekuatan dari matahari kita. Karena itu, tidak dapat dilihat tanpa teleskop dari Bumi, meskipun di konstelasi Libra, Vogt kata.

Tetapi jika anda berdiri pada planet baru, Anda dapat dengan mudah bisa melihat matahari kita, kata Butler.

Bintang Kurcaci rendah energi akan hidup selama miliaran tahun, lebih lama daripada matahari kita, katanya. Dan itu hanya meningkatkan kemungkinan hidup berkembang di planet ini, para penemu kata.

"Ini cukup sulit untuk menghentikan kehidupan setelah Anda memberikan kondisi yang tepat," kata Vogt.

NASA: http://www.nasa.gov/topics/universe/features/gliese_581_feature.html

17 komentar:

Pushtop ® mengatakan...

Berita tentang ini memang sudah mulai ramai di bicarakan.....entah rahasia apa lagi yang ingin di ungkap di balik ini....allah maha kaya dan maha berkehendak

Blog Sodiyc & Acun mengatakan...

Allah mha besar...
munkin jyga ada makhluk hidup lain di planet lain...

blogklik mengatakan...

allahuakbar.. Planet lain yang bisa dihuni.. apa manusia ntar pindah?

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

allah selalu mempunyai rahasia besar dibalik kekuasaanNYA,..
Sukses Slalu!

wiz mengatakan...

ini ditranslate ya...?ada kalimat yg agak bikin bingung..

Admin mengatakan...

wis @terimakasih atas saran dan kritiknya semoga semua ini bisa menjadi inspirasi dalam hidup anada dan semoga dapat bermanfaat...amin

mieny_angel mengatakan...

Allah Maha Besar, Allah maha Kuasa

Gieterror mengatakan...

wawww subhannallah allah maha besar..
keren yya broo..

Revalvellian's Blog mengatakan...

waaahhh berita bagus sob, aku seneng yang berhubungan dengan luar angkasa..teruskan sob..salam sahabat

Kampoeng nimbuzz mengatakan...

Gimana ya...apa ada kehidupan di sana...atau sekedar kilasan info.

KANG uchiha mengatakan...

ane uga pernah dengar sob. kayak planet Gkiese g81c etc

AZ COMSOFT mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat, kalau pun meamang benar planet itu bisa ditempati ya Alhamdulillah juga yah, bisa menghemat ruang di Bumi... ^_^

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
SubhanAllah sungguh luar biasa adanya.good luck

Perpustakaan Antropologi mengatakan...

subhaAllah... Kebesaran Allah semakin jelas dan seharusnya menjadi pelajaran yang utama

tian mengatakan...

wahh,, kapan" bisa maen ksana dunk,, hehe..
salam kenal,, liat blogku y, ^^

Admin mengatakan...

salam kenal jg kang tian makasih ya sdh mau mampir ke sini semuga sucses selalu pasti saya akan mampiir kok okeeeeeeeeee

Shilvia Masya Susanti mengatakan...

Maha basar Allah...