Mengajarkan Alquran Sejak Dini

Pertanyaan :
Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
Ibu Pengasuh Rubrik Konsultasi keluarga yang saya hormati, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan. Bulan yang penuh rahmat, ampunan dan pembebasan dari siksa api neraka. Suasana Ramadhan sangat tepat untuk mengenalkan anak-anak dengan berbagai kegiatan ibadah. Salah satunya adalah mengajarkan Alquran. Anak saya sekarang berusia 3 tahun. Sejak kapan sebenarnya waktu yang tepat mengajar-kan Alquran pada anak, dan bagaimana cara mengajarkan Alquran untuk anak usia 3 tahun. Terima kasih untuk jawabannya.Jawaban :
Wassalamu’alaikum Wr.Wb



Wa’alaikumsalam Wr.Wb.
Ibu i yang baik,
Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya menjadi anak yang shalih dan shalihah.  Salah satu yang wajib diajarkan kepada anak adalah segala hal tentang Alquran karena Alquran adalah pedoman hidup manusia. Mengajari anak Alquran berarti mengajak anak untuk dekat kepada pedoman hidupnya. Dengan cara itu, mudah-mudahan kelak ketika dewasa anak-anak benar-benar dapat menjalani hidup sesuai dengan Alquran. Tak heran bila Rasulullah mengingatkan kita untuk mendidik anak dengan Alquran. Rasulullah SAW bersabda:
“Didiklah anak-anak kamu pada tiga perkara: mencintai Nabi kamu, mencintai ahli baitnya dan membaca Alquran, sebab orang-orang yang memelihara Alquran itu berada dalam lindungan singgasana Allah pada hari tidak ada perlindungan selain dari pada perlindungan-Nya beserta para Nabinya dan orang-orang suci. (HR. Ath-Thabrani)

Ibu Lia yang baik,
Sejak kapan Alquran sebaiknya diajarkan pada anak? Tentu, sedini mungkin. Semakin dini semakin baik. Akan sangat bagus bila sejak anak dalam kandungan seolah-olah calon anak kita itu sudah terbiasa “hidup bersama” Alquran. Sang ibu harus senantiasa akrab dan terus berinteraksi dengan Alquran, baik dengan membaca langsung atau mendengarkan irama (murotal Alquran). Kalau ada teori yang mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik pada janin dalam kandungan akan meningkatkan kecerdasan, Insya Allah memperdengarkan Alquran akan jauh lebih baik pengaruhnya buat janin. Apalagi jika sang ibu yang membacanya. Ketika membaca Alquran, suasana hati dan pikiran ibu akan menjadi lebih khusyu’ dan tenang. Kondisi seperti ini, akan sangat membantu perkembangan psikologis janin yang ada dalam kandungan. Ibu yang sering mengalami stres, tentu akan berpengaruh buruk pada kandungannya.
Ibu Lia yang baik,
Mengajarkan Alquran pada anak usia 3 tahun dapat dilakukan dengan mengenalkan, memperdengarkan, dan menghafalkan. Sesekali cobalah Anda perlihatkan Alquran kepada anak sebelum mereka mengenal buku-buku lain. Memperdengarkan ayat-ayat Alquran bisa dilakukan secara langsung atau dengan memutar kaset atau CD. Untuk anak-anak yang belum lancar berbicara, Insya Allah lantunan ayat Alquran itu akan terekam dalam memorinya. Dan jangan heran kalau tiba-tiba si kecil lancar melafadzkan surat al-Fatihah, misalnya begitu dia bisa bicara. Jika anak-anak dibiasakan memperdengar-kan ayat-ayat Alquran, Insya Allah akan memudahkan anak menghafalkannya.
Ibu Lia yang baik,
Setelah mengenalkan dan memper-dengarkan, mulailah dengan menghafal-kan Alquran sejak anak lancar berbicara. Menghafal bisa dilakukan dengan cara sering-sering membacakan ayat-ayat tertentu kepada anak, dan latihlah anak untuk menirukannya. Hal ini dilakukan berulang-ulang sampai anak hafal di luar kepala. Masa anak-anak adalah masa meniru dan memiliki daya ingat yang luar biasa. Anda harus menggunakan kesem-patan ini dengan baik, jika tidak ingin menyesal kehilangan masa emas (golden age) pada anak. Menghafal bisa dilakukan kapan saja. Usahakan di saat  anak merasa nyaman. Walau demikian, hendaknya orang tua tetap mempunyai target baik tentang ayat, atau jumlah yang akan dihafal anak. Anak yang sudah terbiasa dengan hafalan Alquran akan lebih mudah mengikuti pelajaran, karena menghafal dapat melatih konsentrasi anak. Demikian ibu Lia, Semoga keberkahan Ramadhan akan memudahkan Anda merawat, dan mendidik si kecil.[]
Sumber : Tabloid Media Umat

Tidak ada komentar: