Menguji Keaslian Madu

Tidak di krumutin semut, warnanya kuning tua, dan tak tembus koran benarkah itu madu asli....?
Madu yang beredar di pasaran tentu buanyak tak semuanya asli, banyak juga yang campuran Asli artinya tanpa campuran suatu apapun terkecuali air dalam kadar tertentu sedang madu campuran adalah madu yang telah di campuri dengan zat-zat lain seperti gula, yang baik tentu yang asli,
Masyarakat punya anggapan tertentu terhadap tanggapan madu asli menurut mereka madu di katakan asli bila tidak tembus koran, tidak di krumuni semut, warnanya kuning tua, menyimpan gas atau udara dan mengkristal bila di aduk dengan kuning telur.
Sesungguhnya, anggapan tersebut tidak bisa menjadi sebuah jaminan, misalnya. tidak di krumuni semut serangga kecil ini pasti tak sudi mencicipi madu campuran kalau pada madu tersebut di kasih zat yang pait
Demikian juga soal warna warna madu tergantung pada nectar atau sumber makanan lebah jadi tak selamanya madu berwarna kuning tua.
Lantas bagaimana cara mengetahui kemurnian Madu? Nah ini berarti langkah sederana agar Anda tidak keliru Memilih madu.
Pertana yang opaling baik tentu di bawah ke laboratorium cuma waktu caini memakan waktu dan biaya atau belilah madu yang ada lebelnya SNI (Standart Nasional Indonesia)Jika lebel itu asli maka madu tersebut sudah lolos dari standar nasianal yang telah di tetapkan
Kedua ini saran dari Prof DR Mappatoba ahli madu dari universitas hasannudin makassar sulawesi selatan tuang sedikit madu kedalam wadah kemudian campurkan sedikit air selanjutnya goyanglah perlahan-lahan jika membentuk sarang lebah atau hexagonal (sisinya6) menandakan ia madu asli tetapi jika sebaliknya seperti rekahan dan sebagainya menandakan adanya campuran dan sebagainya.
Ketiga Masukan madu kedalam lemari es lihatlah beberapahari kemudian jika ia membeku berarti madu campuran
Keempat oleskan madu pada sebatang korek api lalu bakarlah apabila korek api dapat bernyala dalam tenggang waktu sebentar kemudian tidak menyala dalam tinggang waktu lama maka di ragukan keaslian madu tersebut

Selamat mencoba dan jangan salah memilih madu lagi ya setelah membaca tip ini

9 komentar:

budi2610 mengatakan...

Ow begitu ya caranya mengetes keaslian madu, wah baru tau aku sob.
Thanks sob infonya.

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
ehm cara mudah namun saya baru tahu hehehe kalau saya denger ngetesnya dengan ditaurh didalam piring lalu di sembur api hehehe bahaya juga tuh

Rumah Imajinasi | Blogger Rembang mengatakan...

wah saya baru tahu cara menguji ke aslian madu,,,
maksh gan infonya,,

okan SFC mengatakan...

enak....enak...melihat gambarnya membuat ku ingin...

kunjungan balik ditunggu....

Blantik Sapi mengatakan...

Assalamu'alaikum Kang
Baru paham nih, berarti pemahamanku selama ini salah tentang madu.
Sayangnya madu yang beredar di masyarakat kebanyakan tidak berlabel SNI

Teras Info mengatakan...

Wah...mantabs ni tipsnya.....
saya juga terkadang suka bingung kalau mau beli madu...ini madu asli apa oplosan ya....pikir saya....

O..ya..teriamasih banyak sudah berkenan follow di blog saya....
ijin buat follow balik Mas....

salam persahabatan selalu...

berita update mengatakan...

wah bagus banget infonya sob,,jadi tau yg mana madu asli n palsu

bufoli mengatakan...

sep...kemaren ada yg nawarin madu..but bingung neh asli apa gak...thanks infonya

about adsense mengatakan...

thanks infonya, kan kesel juga' kalo udah beli mahal" ternyata ga' asli,,,